Bangkitnya Wanita Dalam Poker

Hari ini, poker dimainkan oleh wanita dan pria, dan bahkan ada pertimbangan serius untuk menjadikannya olahraga, yang akan membawa permainan ke tingkat yang sama sekali berbeda.

Tapi ini tidak selalu terjadi.

Pada hari-hari awal, poker dianggap sebagai aktivitas perjudian lain yang mengumpulkan karakter-karakter yang sebagian besar adalah laki-laki. Wanita tidak memiliki tempat di meja poker, dan rekan-rekan mereka sebagian besar meneliti yang langka yang mencoba memasuki dunia yang didominasi pria ini.

Untungnya, situasinya jauh berbeda hari ini, tetapi, seperti banyak hal, perubahan itu tidak terjadi dalam semalam.

Dalam artikel ini, kita akan melihat kebangkitan wanita dalam poker dan bagaimana para pemain wanita berjuang untuk membuktikan bahwa mereka pantas di lapangan terasa sama seperti rekan-rekan pria mereka.

Barbara Freer – Wanita Pertama yang Memasuki Acara WSOP Terbuka

Sulit untuk berbicara tentang popularitas poker sebelum tahun 1970-an karena sebagian besar dimainkan dalam pengaturan pribadi. Namun, Benny Binion mendirikan World Series of Poker pada tahun 1970, dan sisanya adalah sejarah dalam arti kata yang sebenarnya.

Beberapa iterasi pertama dari seri ini tidak mendapatkan banyak daya tarik, tetapi semakin banyak orang mulai tertarik pada game ini selama bertahun-tahun.

Mereka sebagian besar adalah pria, tetapi beberapa wanita menikmati menghabiskan waktu mereka di kasino Las Vegas dan bertarung di lapangan hijau.

Barbara Freer adalah salah satu wanita pertama di poker yang membuat sejarah.

Pada tahun 1979, dia mengikuti turnamen $400 Ladies Limit Seven Card Stud bersama dengan 52 pemain lainnya. Dia kemudian memenangkan turnamen itu, menyimpan hampir $ 13.000, yang merupakan uang yang layak untuk saat itu.

Dia bukan wanita pertama yang memenangkan gelang, karena acara wanita diperkenalkan beberapa tahun sebelumnya.

Namun, dia adalah pemain wanita pertama yang memasuki turnamen WSOP umum dan mencampurnya dengan pemain pria. Ini mungkin tidak tampak seperti masalah besar hari ini, tetapi tentu saja pada saat itu.

Freer tidak takut dengan kompetisi, dan dia tidak tahan dengan stereotip. Dia menyukai permainan itu, dia tahu cara bermain, dan dia tidak ingin membatasi dirinya pada turnamen khusus wanita.

Selama bertahun-tahun yang akan datang, ia memasuki banyak acara WSOP, dengan hasil terbaik kedua menjadi tempat ke-7 dalam acara Seven Card Stud senilai $ 5.000 pada tahun 1989, yang menghasilkan $ 14.200.

Hasil keseluruhannya mungkin sederhana, tetapi dia menjadi preseden dan menunjukkan kepada para wanita di seluruh dunia bahwa mereka juga dapat bermain poker jika itu yang ingin mereka lakukan, dan mereka tidak perlu takut untuk melakukannya.

Barbara Enright – Wanita Pertama Dan Satu-satunya di Poker Hall Of Fame

Barbara BenarGambar: Max Shapiro/Wikimedia Commons

Freer mungkin telah menunjukkan melalui teladannya bahwa wanita termasuk dalam nuansa hijau, tetapi jumlah pemain wanita, terutama yang bersedia mengikuti turnamen terbuka, masih sangat kecil.

Itu adalah campuran norma sosial dan stigma seputar permainan yang sebagian besar menjauhkan wanita dari meja.

Karena itu, peran Barbara Enright dalam sejarah poker tidak dapat dilebih-lebihkan.

Enright jatuh cinta dengan poker pada usia yang sangat dini, bermain Five Card Stud melawan kakak laki-lakinya. Karir profesionalnya dimulai pada tahun 1976, dan selama beberapa dekade berikutnya, dia terus membangun resume poker yang mengesankan.

Pada tahun 1986, Barbara memenangkan gelang WSOP pertamanya, diikuti oleh satu lagi pada tahun 1994. Kedua kemenangan ini, meskipun relevan, berada di acara wanita.

Tapi kemudian, pada tahun 1996, Enright melanjutkan untuk mencapai hal yang tidak terpikirkan.

Dia menjadi wanita pertama yang memenangkan gelang WSOP dalam acara terbuka, menang dalam turnamen Pot Limit Hold’em $ 2.500 atas 179 pemain lain dan membawa pulang $ 180.000 untuk pencapaian luar biasa ini.

Setahun sebelumnya, pada tahun 1995, ia menjadi wanita pertama yang mencapai meja final Acara Utama WSOP.

Klaim ketenaran mutlaknya terganggu oleh ketukan buruk yang membuatnya tersingkir di tempat ke-5, tetapi itu masih merupakan pencapaian yang monumental untuk semua calon pemain wanita.

Karier Enright yang panjang dan sukses tidak dapat diabaikan begitu saja, dan dia menjadi yang pertama dan sejauh ini satu-satunya pemain wanita yang memasuki Poker Hall of Fame yang bergengsi. Dia dilantik pada tahun 2007, bersama dengan Phil Hellmuth.

Barbara Enright masih sangat aktif di komunitas poker, baik sebagai pemain maupun duta permainan.

Wanita Dalam Poker Pada 1990-an: Jennifer Harman

Seiring berjalannya waktu dan poker mulai menjadi arus utama, ada peningkatan signifikan dalam jumlah pemain wanita yang bersedia bergabung.

Kontribusi dari pemain seperti Freer dan Enright memang penting, tetapi stigma game juga perlahan terangkat. Semua hal ini mendorong lebih banyak wanita untuk mengikuti turnamen dan menguji keterampilan dan keberuntungan mereka.

Mungkin nama terbesar dari periode ini adalah Jennifer Harman.

Gairah awalnya untuk permainan mendorongnya untuk mengambil poker dengan serius, dan karirnya benar-benar dimulai pada pertengahan 1990-an ketika dia menjadi pemain reguler di World Series of Poker.

Harman memenangkan dua gelang WSOP di acara terbuka pada tahun 2000 dan 2002, bergabung dengan klub yang sangat kecil dari pemain wanita untuk mencapai prestasi ini.

Kemenangan tahun 2002 adalah dalam acara Limit Hold’em, permainan di mana Jen sangat baik saat dia mengasah keterampilannya di meja permainan uang. Namun, gelang tahun 2000 berasal dari turnamen No-Limit Deuce to Seven, variasi poker yang tidak dimiliki Harman sama sekali.

Sebelum acara dimulai, Howard Lederer memperkenalkannya pada aturan permainan dan memberinya beberapa petunjuk dasar. Jen mengambil ini dan berlari bersama mereka menuju kemenangan, membuktikan bakat dan kemampuan alaminya.

Ketika poker terus tumbuh dalam popularitas, Harman menjadi salah satu tokoh wanita paling menonjol, muncul di banyak acara poker seperti High Stakes Poker dan Poker After Dark.

Meskipun biasanya dikelilingi oleh sekelompok pemain pria, tidak pernah ada keraguan bahwa dia pantas berada di sana. Dia mendapatkan rasa hormat dan kekaguman dari rekan-rekan prianya, yang bukan prestasi kecil dengan imajinasi apa pun.

Kathy Liebert – Nama Besar Dalam Daftar

Selain Harman, pemain wanita lain yang sangat sukses yang menandai tahun 1990-an adalah Kathy Liebert. Meskipun sebagian besar skor utamanya datang setelah tahun 2000, Liebert telah bekerja keras sejak pertengahan 1990-an.

Kathy LiebertGambar: YouTube

Kathy membuat langkah pertamanya di dunia poker sebagai pemain prop di Colorado, dan setelah beberapa saat, dia pindah ke turnamen yang lebih besar.

Ternyata, dia akan menemukan sedikit kesuksesan di sirkuit turnamen, tetapi butuh beberapa tahun sebelum kemenangan besar pertama mulai bergulir.

Pada tahun 2002, Liebert menang dalam acara Party Poker Million yang pertama, memenangkan satu juta keren untuk skor terbesar dalam karirnya.

Pada tahun-tahun berikutnya, dia membuat beberapa tabel final WPT. Meskipun dia tidak bisa cukup menutup kesepakatan di salah satu dari mereka, Kathy memiliki beberapa selesai penting, yang paling penting adalah tempat kedua dalam acara Bintang Menembak 2009.

Dengan total kemenangan langsung mendekati $6,5 juta, Kathy Liebert menempati posisi kedua dalam daftar uang wanita sepanjang masa, hanya di belakang Vanessa Selbst.

Dia masih sangat aktif, bermain turnamen langsung dan online, jadi perjalanan pokernya yang mengesankan dan inspiratif masih jauh dari selesai.

Pelopor Boom Poker

Hampir tidak ada penggemar poker di luar sana yang tidak tahu apa arti tahun 2003 bagi permainan tersebut.

Kemenangan mengejutkan pembuat uang di Acara Utama tahun itu menggerakkan serangkaian acara yang akan mengubah poker selamanya.

Tentu saja, antara lain, dampak dari boom poker memiliki pengaruh besar pada kebangkitan wanita di poker juga.

Permainan mulai menerima lebih banyak liputan TV, dan narasi poker hanyalah bentuk lain dari perjudian mulai berubah. Anda bisa mulai mendengar diskusi tentangnya sebagai permainan keterampilan, bentuk kompetisi yang tepat yang menawarkan kesempatan yang sama bagi semua orang yang mau belajar.

Dunia poker melihat banyak pemain wanita yang kompeten keluar dari kayu mencari untuk membuat klaim mereka untuk ketenaran.

Kami akan mencoba menyebutkan beberapa nama paling menonjol dari periode ini dari pemain wanita yang meninggalkan jejak mendalam pada sejarah game ini.

Annette Obrestad

Annette ObrestadGambar: YouTube

Pada tahun 2007, fenomena Norwegia berusia 18 tahun mengejutkan seluruh dunia poker, memenangkan Acara Utama WSOP Eropa pertama. Dengan melakukan itu, ia menjadi pemain wanita pertama dan satu-satunya yang mengklaim gelar bergengsi ini.

Prestasi Annette adalah tonggak besar bagi wanita di poker.

Liv Boere

Liv BoereGambar: YouTube

Liv Boeree adalah pemain wanita terkemuka lainnya yang melakukan banyak hal untuk mempromosikan permainan dan menarik lebih banyak wanita untuk merasakannya. Karirnya dimulai pada pertengahan 2000-an tetapi benar-benar meningkat pada tahun 2010 ketika Boeree menurunkan EPT Monte Carlo Main Event.

Liv adalah anggota PokerStars Team Pro untuk sementara waktu dan telah muncul di banyak acara poker dan acara televisi.

Meskipun dia bukan lagi pemain poker profesional, Boeree tentu saja berkontribusi pada kebangkitan wanita dalam poker dalam dekade terakhir.

Vanessa Rousso

Vanessa RoussoGambar: YouTube

Vanessa Rousso adalah pemain poker wanita sukses lainnya yang bergabung dengan kegilaan poker di era pasca-Penghasil Uang. Meskipun dia menyukai dan mengenal permainan ini sejak usia sangat dini, Vanessa membuat langkah serius pertamanya di poker pada tahun 2005.

Dia tidak perlu menunggu lama untuk kesuksesan besar pertamanya. Pada tahun 2006, ia mencatat acara WPT Borgata, menyimpan $ 285.000 untuk usahanya.

Rousso ditandatangani oleh PokerStars tak lama setelah itu, dan dia adalah anggota tim ruangan itu selama beberapa tahun.

Vanessa mengumpulkan lebih dari $3,5 juta dalam kemenangan turnamen, tetapi banyak penampilannya di TV telah membantu menginspirasi wanita di seluruh dunia untuk memberikan kesempatan pada permainan tersebut.

Vanessa Selbst: Pemain Wanita Paling Sukses Sepanjang Masa

Jika kita harus meringkas puncak kebangkitan wanita dalam poker dalam diri seseorang, orang itu pastilah Vanessa Selbst.

Vanessa sendiriGambar: YouTube

Lahir pada tahun 1984, Selbst adalah pemain wanita pertama dan satu-satunya yang memenangkan tiga gelang World Series of Poker dalam acara terbuka, dan kesuksesannya dalam poker adalah inspirasi nyata bagi wanita.

Selbst bukan hanya pemain poker wanita paling sukses. Dia salah satu pemain poker terbaik, titik.

Dengan kemenangan hampir $12 juta, tiga gelang, dua gelar NAPT, dan banyak piala lainnya, Vanessa telah membuktikan berkali-kali bahwa dia bisa bermain poker sebaik pria mana pun – dan jauh lebih baik daripada kebanyakan pria.

Selain kesuksesannya, dia telah menjadi duta yang hebat untuk game ini, melakukan banyak hal untuk menarik lebih banyak pemain wanita.

Dia adalah salah satu anggota PokerStars Team Pro dan duta untuk waktu yang lama, menggunakan profil tingginya untuk membuat permainan menarik bagi massa, khususnya bagi wanita lain.

Vanessa mengambil istirahat sejenak dari poker, fokus pada hal-hal lain dalam hidup, tetapi dia mengumumkan kembalinya dia.

Ada sedikit keraguan bahwa dia akan melanjutkan di mana dia tinggalkan, membuktikan bahwa begitu kartu di udara dan chip berada di tengah, itu adalah keterampilan yang menentukan pemenang, bukan jenis kelamin mereka.

2021 Dan Selanjutnya

Dari kesuksesan awal Barbara Freer hingga pencapaian mengesankan Vanessa Selbst, cukup jelas bahwa wanita termasuk dalam poker seperti halnya pria.

Dengan stereotip dan prasangka lama yang sebagian besar sudah tidak ada lagi, calon pemain wanita bebas untuk mencari peruntungan di lapangan hijau dan membuktikan kepada dunia bahwa mereka memiliki apa yang diperlukan untuk naik ke peringkat poker.

Namun, ada perasaan bahwa lebih banyak yang bisa dan harus dilakukan untuk menarik lebih banyak wanita dan membuat mereka merasa nyaman dalam permainan, terutama dalam pengaturan langsung.

Dunia poker telah berkembang jauh dibandingkan dengan tahun 70-an dan 80-an, tetapi masih ada banyak alasan mengapa tidak ada lebih banyak wanita yang bermain poker, membuktikan bahwa jalan kita masih panjang.

Mungkin poker tidak akan pernah menarik bagi wanita seperti halnya pria, tetapi ada sedikit keraguan bahwa kita akan melihat beberapa pemain wanita baru bergabung dalam aksi dan mengambil tantangan di tahun-tahun mendatang.

Gambar utama: Tur Poker Dunia/Flickr, CC BY-NC 2.0

Author: Greg Hudson